-->

IKAN CUPANG HALFMOON

Daftar Isi [ Tampilkan ]

 Ikan cupang halfmoon

www.residenemas.eu.org

Ikan cupang kerap diketahui selaku ikan petarung, agresif, dan sukai serang, maka dari itu acapkali jadi ikan pengaduan hingga sampai ikan hias piaraan di dalam rumah.

Beraneka ragam type ikan cupang udah sanggup membius mata penggemar ikan hias sebab kemegahan warna dan wujud siripnya, satu diantaranya seperti ikan cupang halfmoon.

ikan cupang halfmoon punya pergerakan tenang dan berwibawa dalam air.


Nama halfmoon dikasihkan sebab ikan ini punya wujud sirip ekor seperti 1/2 bulan. Nama lain dari ikan hias ini yakni cupang big ear.

Warna yang berada pada ikan cupang halfmoon lantas beraneka, dimulai dari biru pekat, merah, ungu hingga sampai yang terlangka, yaitu kuning.

Hasil perkawinan silang

Cupang halfmoon adalah hasil perkawinan silang yang dijalankan oleh breeder alias pembiak asal Amerika Serikat, Peter Geottner pada 1980-an.

Mulanya, Goettner sukses mendatangkan cupang yang punya bukaan ekor lebar dekati 180 derajat dan memiliki warna hijau.

Kecantikan cupang halfmoon bukan cuma tampak di bagian ekor dan siripnya, namun juga dalam hampir keseluruhnya badan ikan. Terkecuali itu pergerakan ikan cupang halfmoon tampak anggun sewaktu ia bergerak.

SHUTTERSTOCK/VILASACK SOUTHISANE Perumpamaan ikan cupang halfmoon.



Cupang halfmoon sempat tak dianggap

Tidak cuman berkembang di Amerika Serikat, ikan cupang halfmoon udah ditingkatkan di Prancis dan lagi berkembang ke bermacam negara.

Sebab mulai ternama di golongan penggemar hias, ikan cupang halfmoon kelanjutannnya terlibat pada sebuah kontes internasional yaitu International Beta Congress (IBC).

Namun pada kontes itu, IBC tetap belum pengin mengaku datangnya ikan cupang halfmoon walaupun ikan cupang ini punya banyak keunggulan.

Penilaian juri-juri IBC pada ketika itu amat tidak sama dengan penilaian beberapa pengunjung yang datang berkaitan ikan cupang ini


Mulai sejak dilibatkan dalam kontes IBC di Alabama ikan cupang halfmoon mulai tersohor. Masalah ini ditunjukkan dengan kian menebarnya ikan cupang halfmoon di daerah Eropa yang lain, seperti Swiss.

Sayang, pada ketika itu ikan cupang halfmoon masih dipandang sepele dalam kontes IBC, maka dari itu mengundang frustasi dan pergesekan

Kelanjutannnya breeder-breeder dari Amerika Serikat, Swiss, dan Perancis mulai membuat organisasi baru. Organisasi itu diberi nama International Betta Splendens Klub dengan maksud buat mewadahi kontes ikan cupang halfmoon dari bermacam pelosok dunia.

Dari organisasi itu jadikan ikan cupang halfmoon diketahui di seluruh belahan benua termaksud di Asia Tenggara, terutamanya Thailand hingga sampai ke Indonesia.

Di Indonesia sendiri, cupang halfmoon diketahui kali pertama di tahun 2000. Ketika itu cupang halfmoon dihadirkan dari Eropa dan Amerika.

Sampai saat ini perubahan halfmoon amat cepat dan banyak disenangi. Masalah ini sebab ekornya lebar dan pergerakannya anggun. Peternak Indonesia banyak mulai mengembangkannya sebab nilai jualnya lebih bagus.

Sebab macam kemegahannya, harga ikan cupang ini dilabeli sebesar Rp 80.000 sampai juta-an rupiah terkait dari kondisi fisik ikan.


BACA JUGA ARTIKEL TEMPAT JUAL EMAS JOGJA




LihatTutupKomentar